Pilihlah Bisnis Franchise yang Cocok untuk Mengejar Kesuksesan

1002 views

bisnis franchise

Bisnis franchise atau waralaba saat ini memang sudah sangat berkembang pesat di Indonesia. Saat ini bidang franchise sudah berkembang dan semakin banyak, mulai dari mini market, rumah makan, lembaga pendidikan, percetakan, salon, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan oleh perusahaan terkait pun sangat bervariasi.

Namun demikian nama besar dari produk franchise yang Anda pilih tentu tidak akan banyak berpengaruh apabila pengelolaannya salah. Bahkan banyak sekali ada franchise yang sukses di daerah A, namun di daerah B franchise tersebut justru gulung tikar. Lalu bagaimana cara memilih usaha waralaba yang benar? Simak penjelasannya berikut ini.

Tips Memilih Bisnis Franchise dengan Benar

Memilih jenis usaha franchise sebenarnya tidak terlalu sulit, namun tidak terlalu mudah juga. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan supaya tidak sampai salah pilih. Pasalnya waralaba ini merupakan suatu jenis bisnis yang bisa menjadi bumerang untuk Anda sendiri. Terutama jika Anda tidak bisa mengelola bisnis tersebut dengan baik. So, berikut ini adalah empat fokus yang harus menjadi perhatian para pengusaha franchise.

  1. Fee Royalti

Tidak semua jenis waralaba atau franchise harus membayar fee royalti. Tapi bagi beberapa perusahaan yang sudah memiliki nama besar, pasti fee royalti ini akan menjadi salah satu hal wajib yang harus Anda bayar setiap tahunnya. Pasalnya setiap orang yang menggunakan jasa waralaba mereka pasti akan berpengaruh terhadap reputasi merek yang diwaralabakan. Nah, jika modal yang Anda miliki tidak terlalu banyak, pilihlah perusahaan yang tidak menuntut Anda untuk membayar fee royalti.

  1. Lokasi Usaha

Tak bisa dipungkiri bahwa tempat di mana Anda menjalankan usaha Anda jelas sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha Anda. Oleh karena itu selain memilih perusahaan franchise yang tepat, Anda juga harus memilih lokasi yang strategis. Namun memang tak bisa dipungkiri bahwa lokasi yang strategis biasanya juga memiliki beberapa risiko, seperti harga sewa tempat yang mahal misalnya. Namun untuk menjadi sukses Anda harus berani mengambil risiko apapun.

  1. Modal Usaha

Untuk menjalankan semua jenis usaha tentu harus menggunakan modal. Namun demikian memang ada beberapa pemilik waralaba yang memberikan modal usaha kepada pihak yang ingin menjalankan usaha. Namun demikian tidak semua pemilik franchise melakukan hal tersebut. Jadi untuk memulai usaha franchise ini Anda juga harus menyiapkan modal yang cukup. Dan dalam pemilihan jenis waralaba, usahakan juga Anda sesuaikan dengan budget modal yang tersedia.

  1. Perputaran Kas Usaha

Tak bisa dipungkiri kebanyakan orang yang gagal atau gulung tikar saat menjalankan usaha waralaba ini adalah karena mereka tidak bisa mengelola usaha mereka dengan baik. Salah satunya adalah dalam pengelolaan perputaran kas usaha. Dalam sebuah bisnis atau usaha, pendapatan adalah hal yang sangat penting, tak terkecuali dalam waralaba. Maka dari itu Anda perlu melakukan cashflow management dengan baik. Omset bukanlah menjadi target utama bagi Anda yang menjalankan bisnis waralaba, akan tetapi yang paling penting adalah mendapatkan keuntungan.

Nah, empat hal yang barusan kami jelaskan adalah fokus utama yang harus benar-benar diperhatikan oleh para franchisor atau pelaku bisnis franchise. Tanpa pengelolaan yang benar dan juga semangat usaha yang tinggi, kesuksesan hanyalah akan menjadi mimpi saja. So, demikian informasi singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi Anda dan semoga bermanfaat.

Related Post