Mencoba Bisnis Kecil Kecilan Sebagai Pekerjaan Utama

946 views

bisnis kecil kecilan

Bagi sebagian besar orang bisnis kecil kecilan seringkali hanya dijadikan pekerjaan sampingan saja. Biasanya dengan alasan untuk menambah penghasilan setiap bulannya. Namun demikian, tidak sedikit pula orang yang menggantungkan hidupnya pada usaha kecil-kecilan. Baik yang dilakukan di luar rumah ataupun di rumah sendiri.

Sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha kecil yang masih terbuka. Namun tidak banyak orang berani mengambil risiko untuk mencoba jenis-jenis bisnis tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda andalkan untuk menjadi sumber penghasilan utama.

Contoh Bisnis Kecil Kecilan yang Bisa Diandalkan

Tidak semua bisnis kecil-kecilan hanya akan memberikan keuntungan yang kecil. Buktinya banyak orang yang sukses meskipun merintis bisnsinya mulai dari yang kecil-kecilan. Apalagi risiko menjalankan usaha kecil ini juga tidak terlalu besar. Lalu jenis bisnis kecil seperti apakah yang bisa diandalkan sebagai sumber penghasilan? Untuk lebih jelasnya simak beberapa poin penting berikut ini.

  1. Bengkel Motor

Jika dibandingkan dengan bengkel mobil, mungkin membangun sebuah bengkel motor sederhana tidaklah membutuhkan modal yang terlalu besar. Oleh karena itu jenis usaha yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki modal minim. Bahkan biasanya para pemilik bengkel sederhana juga menambahkan pelayanan tambal ban yang bocor. Dengan demikian ada pemasukan lain yang juga bisa diandalkan meskipun tidak terlalu besar.

  1. Pencucian Motor

Pengguna motor di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu orang yang mencari jasa pelayanan pencucian motor pun pasti akan semakin banyak. Dengan demikian saat ini membuka usaha pencucian motor akan memberikan keuntungan yang cukup bisa diandalkan. Bukan hanya mencuci sepeda motor saja, akan tetapi Anda juga bisa membuka pelayanan lainnya juga seperti jasa mencuci helm misalnya.

  1. Berjualan Makanan Keliling

Selain membuka bengkel dan juga jasa pencucian motor, Anda mungkin juga bisa mencoba menjual makanan dengan berkeliling. Misalnya berjualan bakso, mie ayam, atau jajanan-jajanan tradisional lainnya. Meskipun kelihatannuya sederhana, namun banyak orang sukses yang sebelumnya merintis usaha mereka dari usaha kaki lima dan juga dengan berkeliling. Namun Anda juga harus bisa menjamin kualitas rasa dan kebersihan makanan yang Anda jual.

  1. Membuka Warung di Rumah

Jika Anda tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk berkeliling membawa barang dagangan Anda, lebih baik Anda buka saja warung di rumah. Dengan demikian pekerjaan Anda akan lebih ringan dan tidak menyita banyak waktu. Nah, jika di rumah ada satu ruangan kosong, Anda mungkin bisa memanfaatkan ruangan tersebut menjadi warung kelontong atau mungkin menjadi warung makan sederhana.

  1. Bisnis Online

Kalau yang satu ini adalah usaha kecil-kecilan yang sedang populer saat ini. Banyak sekali orang yang sudah mulai menggeluti bisnis atau usaha secara online. Mulai dari berjualan barang secara online, menjual jasa pembuatan website, desain grafis, penulisan artikel, pay per click, paid to click, dan sebagainya. Nah, bisnis seperti ini sangat cocok bagi Anda yang suka online dan juga suka pekerjaan yang santai.

Sebenarnya masih banyak lagi bisnis kecil kecilan yang bisa Anda pilih. Namun mungkin kelima jenis usaha yang barusan kami jelaskan adalah yang paling populer di Indonesia. So, demikian artikel singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa memberikan isnpirasi bagi Anda dan semoga bermanfaat.

Related Post