Strategi Pemasaran Jitu Bisnis Laundry Supaya Sukses

2145 views

bisnis laundrySaat ini bisnis laundry semakin menjamur di seluruh pelosok daerah Indonesia. Pasalnya selain menawarkan kemudahan dalam mencuci dan menyetrika pakaian, banyak orang yang merasa diuntungkan karena bisa mendapatkan pekerjaan dari tempat jasa laundry tersebut. Oleh karena itu tak heran bisnis yang satu ini semakin lama semakin diminati oleh para pebisnis.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari jasa laundry ini cukup menguntungkan. Apalagi jika lokasi yang Anda pilih sangat strategis dan sesuai target pasar. Misalnya di daerah yang dekat dengan rumah kos atau kontrakan. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips pemasaran yang jitu untuk Anda yang ingin mencoba usaha laundry.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry untuk Pemula

Untuk bisa bersaing dengan para pengusaha laundry yang sudah terlebih dahulu eksis ketimbang usaha yang Anda jalankan, memang bukan menjadi hal yang mudah. Namun demikian ada beberapa strategi yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa bersaing. Berikut ini adalah beberapa tips sukses yang bisa Anda coba dalam menjalankan usaha laundry.

  1. Sistem Antar Jemput

Biasanya orang yang ingin mencuci pakaian malas membawa pakaian kotor mereka ke laundry karena mungkin berat atau tidak punya wadah untuk membawa pakaian mereka. Nah, sistem antar jemput ini bisa menjadi salah satu strategi Anda untuk menarik perhatian pelanggan. Sediakan nomor telepon yang bisa dihubungi ketika ada pelanggan yang ingin pakaian kotornya dijemput. Jangan lupa juga antarkan pakaian mereka ketika sudah selesai dicuci dan disetrika. Untuk sistem antar jemput, mungkin Anda bisa memberikan tarif khusus.

  1. Menggunakan Kupon

Pernahkah Anda berbelanja di sebuah mini market dan mendapatkan kupon karena belanja dalam nominal tertentu? Nah, mungkin Anda juga bisa gunakan sistem tersebut pada usaha laundry Anda. Jadi misalnya Anda bisa memberikan kupon laundry gratis 5 kg untuk pelanggan yang telah melakukan minimal 10 kali laundry. Dengan demikian ada hal yang membuat pelanggan lebih tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

  1. Undian Berhadiah

Meskipun usaha laundry Anda adalah usaha kecil-kecilan, namun bukan berarti Anda tidak bisa berinovasi. Nah, pasti tidak ada yang menyangka kalau orang yang menggunakan jasa laundry Anda bisa mendapat hadiah. Anda bisa minta para pelanggan Anda untuk menyimpan struk pembayaran. Kemudian nanti setiap beberapa bulan sekali atau setiap tahun Anda bisa mengadakan undian berhadiah. Nah, cara tersebut mungkin cukup efektif untuk bisa membuat para pelanggan lebih berminat menggunakan jasa laundry Anda.

  1. Diskon untuk Member

Jika usaha laundry Anda sudah berjalan cukup lancar, Anda bisa menawarkan para pelanggan Anda untuk menjadi member. Nah, nantinya Anda bedakan tarif antara pelanggan yang member dan yang bukan member. Jika pelanggan Anda menjadi member atau anggota, maka mereka akan mendapat harga khusus atau diskon setiap kali mencuci pakaian. Setiap orang yang ingin menjadi anggota harus membayar pendaftaran terlebih dahulu yang berlaku seumur hidup atau berlaku selama beberapa bulan sekali. Bagaimana? Ide yang menarik, bukan?

Nah, itu tadi adalah empat strategi pemasaran jitu yang bisa diterapkan pada bisnis laundry Anda. Namun yang harus lebih Anda utamakan adalah kenyamanan dan kepuasan para pelanggan. So, semoga dengan tips-tips yang barusan kami sampaikan, bisnis Anda akan semakin lancar. Demikian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Related Post