4 ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil untuk yang Sedang Menganggur

963 views

Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Anda pengangguran dan bingung mau mencari pekerjaan di mana? Tenang saja, karena di zaman modern ini sebenarnya Anda tidak perlu mencari pekerjaan. Melainkan Anda disarankan untuk menciptakan peluang kerja sendiri. Bahkan kalau bisa Anda membuatkan peluang kerja untuk orang lain juga. Contohnya adalah dengan mencoba bisnis rumahan dengan modal kecil.

Meskipun modal finansial sering sekali menjadi kendala, namun untuk memulai suatu bisnis sebenarnya uang bukanlah segalanya. Masih banyak hal yang perlu Anda persiapkan juga seperti kesiapan mental, perencanaan yang matang, strategi marketing yang jitu, dan sebagainya. Oleh karena itu mungkin beberapa contoh ide usaha dengan modal kecil berikut ini bisa menjadi referensi yang menginspirasi bagi Anda.

Contoh Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Mudah Dijalankan

Anda terlalu sering di rumah sehingga malas kalau harus bekerja meninggalkan rumah? Mungkin pilihan yang paling tepat adalah menyulap rumah Anda menjadi tempat bekerja. Salah satunya adalah dengan melakukan bisnis rumahan. So, berikut ini adalah beberapa ide usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Berjualan Makanan Tradisional

Jika Anda adalah perempuan dan hobi memasak, cobalah manfaatkan rumah Anda untuk berjualan kuliner seperti makanan tradisional misalnya. Apalagi jika daerah tempat tinggal Anda kelihatannya cukup potensial untuk berjualan. Misalnya Anda bisa menjual rujak, mie pecel, dan sebagainya. Cara pembuatannya tidak sulit, bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit dicari. Bahkan masyarakat yang meminati makanan-makanan tradisional pun masih cukup banyak.

  1. Membuka Jasa Jahit

Bagi Anda yang punya kemampuan menjahit, maka jangan hanya gunakan untuk diri sendiri saja. Akan tetapi cobalah kembangkan bakat dan minat Anda tersebut menjadi sebuah usaha atau bisnis yang menjanjikan. Belilah satu mesin jahit dan beberapa peralatan lain seperti jarum, benang, dan sebagainya. Kemudian promosikan diri Anda mulai dari lingkungan terdekat terlebih dahulu. Apalagi keuntungan dari membuka jasa menjahit ini cukup menjanjikan.

  1. Privat atau Les Pelajaran Sekolah

Anak-anak sekolah zaman sekarang sepertinya semakin dibuat pusing dengan jadwal pelajaran yang semakin padat dan materi yang semakin sulit. Oleh karena itu banyak orang tua yang menyuruh anak-anak mereka untuk mengikuti privat atau les di luar sekolah. Nah, manfaatkanlah peluang ini, terutama jika Anda punya kelebihan dalam bidang akademik. Misalnya Anda bisa membuka privat untuk materi-materi pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional, atau pelajaran lain seperti komputer, musik, dan sebagainya.

  1. Menjajal Berbagai Macam Bisnis Online

Bisnis online pasti tidak lagi menjadi istilah yang asing bagi masyarakat. Akan tetapi masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara kerja bisnis online. Perlu Anda ketahui bahwa jenis pekerjaan di internet ada banyak sekali. Maka dari itu untuk bisa mendapatkan yang paling cocok dengan kemampuan Anda, lebih baik coba satu per satu berbagai jenis bisnis online. Tenang saja, karena modalnya juga kecil. Anda hanya membutuhkan PC, laptop atau bahkan gadget yang terkoneksi dengan internet.

So, itu tadi adalah empat contoh ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Baik laki-laki ataupun perempuan, menjadi wirausahawan adalah pilihan terbaik di zaman sekarang. Jadi tidak ada salahnya jika sekarang Anda mulai mencoba merintis sebuah usaha. Sekian artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Post