Peluang Menjadi Bos Bisnis Travel dengan Prospek Cerah

1207 views

bisnis travel

Saat ini bisnis travel bukan lagi menjadi hal baru di lingkungan masyarakat. Pasalnya di manapun Anda berada pasti tidak akan kesulitan mencari agen travel. Hasil yang cukup menggiurkan membuat banyak orang berbondong-bondong ingin mencoba usaha travel. Mulai dari yang sudah berprofesi hingga yang masih meraba-raba pekerjaan.

So, untuk itu pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit tentang langkah-langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk memulai usaha travel. Sama halnya seperti bidang bisnis yang lainnya, usaha dalam bidang travel juga membutuhkan banyak persiapan. Bahkan harus dipersiapkan secara matang supaya tidak merepotkan di kemudian hari. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan singkat berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Travel untuk Pemula

Kebanyakan orang mungkin berpikir usaha travel membutuhkan modal yang besar. Fakta tersebut ternyata salah, karena banyak sekali orang yang terkendala pada modal namun bisa sukses menjalankan usaha travel. Semakin banyaknya permintaan masyarakat terhadap jasa pelayanan yang satu ini jelas membuka peluang besar bagi siapapun yang ingin mencobanya. Dan berikut ini adalah tips-tips jitu yang bisa dilakukan oleh para pemula pada usaha travel.

  1. Menjalin Kerjasama

Untuk menjadi agen travel, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Terutama jalinan kerjasama dengan beberapa lokasi yang berhubungan dengan jasa perjalanan Anda. Cobalah untuk bekerjasama dengan tempat hotel, villa, resort, restoran, pusat oleh-oleh, tempat wisata, dan sebagainya. Nah, dari situ juga Anda akan mendapatkan keuntungan, karena biasanya biro jasa tour & travel akan mendapatkan potongan harga dari pihak terkait.

  1. Transportasi

Bagi orang yang memiliki modal yang besar, mungkin mereka akan menyediakan jasa transportasi sendiri, seperti mobil atau mini bus. Namun demikian Anda juga bisa mengajak kerjasama dengan beberapa pihak yang memang sudah terpercaya dalam bidang transportasi. Misal Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan penyedia bus atau bekerjasama dengan kerabat Anda yang memiliki mobil.

  1. Paket Travel

Kebanyakan orang pasti ingin berlibur dengan tenang tanpa harus memikirkan terlalu banyak hal seperti sewa mobil, sewa hotel, tiket masuk lokasi wisata, dan sebagainya. Itu dia alasan mengapa masyarakat membutuhkan jasa tour & travel. Sediakanlah paket-paket menarik terutama menjelang momen-momen khusus. Misalnya saat liburan sekolah, saat liburan lebaran, liburan tahun baru, dan sebagainya. Pilih lokasi dan pelayanan yang menarik dengan harga paket yang lebih terjangkau.

  1. Langkah Promosi

Meskipun banyak yang sukses dalam usaha travel, namun tidak sedikit juga yang tidak sukses bahkan sampai gulung tikar. Hal ini biasanya dikarenakan kurangnya langkah promosi. Oleh karena itu manfaatkanlah berbagai macam media untuk melakukan promosi. Misal melalui media internet, brosur, pamflet, dan sebagainya. Langkah promosi ini berguna untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat luas.

  1. Mengajak Partner

Jika Anda tidak sanggup melakukan pekerjaan sendiri, ajaklah satu atau dua orang partner untuk membantu mengerjakan tugas-tugas Anda. Namun demikian Anda harus memilih SDM yang benar-benar terpercaya dan paham tentang travel. Pasalnya SDM yang bekerja untuk Anda tentunya juga akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis yang Anda jalankan. Jadi jangan sembarang mengajak partner atau rekan bisnis.

So, demikian tips singkat mengenai bagaimana cara memulai bisnis travel yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menginspirasi Anda untuk mencoba bisnis tour & travel, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Post