4 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba Modal Kecil untuk Pemula

3156 views

bisnis waralaba modal kecil

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips kepada Anda yang ingin mencoba bisnis waralaba modal kecil. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa waralaba atau franchise dengan modal kecil tentunya sangat berbeda dengan franchise besar. Oleh karena itu ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan.

Secara umum di zaman modern dan ketika persaingan bisnis semakin ketat ini mulai banyak pengusaha yang melirik bisnis waralaba. Baik pengusaha yang sudah berpengalaman ataupun yang masih baru banyak meminati usaha franchise karena dinilai lebih mudah menyiapkan dan mengelolanya. Akan tetapi sebenarnya tidak semudah itu mencoba bisnis franchise.

Cara Memulai Binsis Waralaba dengan Baik dan Benar

Secara umum ada banyak sekali jenis bisnis waralaba atau franchise. Mulai dari bidang kuliner, jasa laundry, dan sebagainya. Apalagi jenis usaha yang satu ini juga cukup potensial dijadikan usaha jangka panjang. Dengan catatan Anda mampu mengelolanya dengan baik dan benar. So, berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis franchise untuk pemula.

  1. Pilih Franchise yang Mudah Dikelola

Sebagai pemula, sebaiknya Anda jangan coba-coba memilih waralaba atau franchise yang kelihatannya rumit untuk dijalankan. Ada banyak sekali jenis usaha waralaba yang bisa Anda pilih. Akan tetapi supaya tidak terlalu menyita waktu dan pikiran Anda, cobalah pilih bidang yang mudah dikerjakan dan praktis. Selain itu jangan lupa juga untuk selalu memilih lingkungan yang strategis, aman dan mudah dijangkau oleh para konsumen. Tanpa Anda sadari, hal tersebut cukup berpengaruh terhadap kesuksesan usaha Anda.

  1. Pilih Brand Franchise yang Punya Nama

Meskipun biayanya agak mahal, namun kalau bisa usahakan Anda memilih perusahaan waralaba atau franchise yang sudah cukup punya nama. Hal itu tentu sangat berpengaruh dengan banyaknya konsumen yang akan datang. Dengan demikian Anda tidak akan terlalu kesulitan melakukan promosi, karena tanpa promosi yang akan menghabiskan uang konsumen akan datang dengan sendirinya. Contoh waralaba yang banyak konsumennya adalah seperti pada bidang makanan atau minuman.

  1. Pilih yang Harga Produknya Terjangkau

Kalau Anda ingin membuka bisnis waralaba di daerah perkotaan, mungkin harga agak mahal tidak akan menjadi suatu masalah yang berarti. Namun harga akan menjadi faktor yang sangat penting ketika Anda membuka waralaba di daerah pedesaan atau yang penduduknya tidak seramai di kota. Maka dari itu lebih baik ambil jalan tengah dengan mencari perusahaan franchise yang memang menawarkan produk-produk berharga terjangkau. Namun hal itu juga bisa Anda sesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat sekitar tempat Anda membuka usaha.

  1. Pilih yang Memberikan Pelayanan Terbaik

Banyak orang yang tidak suka dengan pelayanan buruk, misalnya seperti respon yang lambat atau respon yang tidak baik dari customer service. Namun perusahaan waralaba yang baik adalah perusahaan yang juga memberikan garansi pelayanan terbaik untuk konsumennya. Oleh karena itu pilihlah mitra yang benar-benar bisa membantu dalam pengembangan bisnis Anda nantinya. Selain itu yang perlu Anda perhatikan juga adalah jaminan mutu produknya.

Dengan mempertimbangkan empat tips barusan, kami berharap Anda bisa menemukan mitra bisnis waralaba modal kecil terbaik yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika pilihan Anda tepat, maka bisnis Anda nantinya juga akan bisa berjalan dengan lancar. So, demikian tips singkat yang bisa kami sampaikan kali ini. Semoga bisa Anda coba dan semoga bermanfaat.

Related Post