Saturday , 26 July 2014
You are here: Home » Beternak & Budidaya » Budidaya Merica atau Tanaman Lada

Budidaya Merica atau Tanaman Lada

Budidaya MericaNilai ekonomis dari tanaman lada atau merica ini sebenarnya cukup tinggi. Karena lada atau merica akan selalu dibutuhkan semua orang sampai kapanpun. Maka budidaya merica akan punya banyak bermanfaat baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk dijual di pasaran. Tanaman merica termasuk tanaman memanjat yang punya 2 sulur yaitu sulur panjat & sulur cabang buah.

Bila digunakan sebagai bibit, sulur panjat akan menghasilkan tanaman yang punya sifat memanjat sulur panjat dan sulur cabang buah, sedangkan sulur cabang buah akan menghasilkan tanaman yang tidak memanjat atau lada perdu. Lada perdu bisa diperoleh dengan perbanyakan vegetatif dari sulur cabang buah.

Tinggi tanaman lada perdu cukup rendah hanya sekitar 90 sampai120 cm sehingga tidak butuh tiang panjat. Pembibitan untuk tanaman lada jenis perdu sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri oleh petani. Tidak bisa dipungkiri bahwa lada punya manfaat yang cukup banyak bagi kehidupan manusia. Bagi para ibu rumah tangga, lada atau merica ini digunakan sebagai bumbu atau penyedap makanan.

Ketersedian lada untuk kebutuhan rumah tangga dapat dilakukan dengan menanam lada perdu di pekarangan rumah bisa juga sebagai tanaman pot. Lada perdu di sekitar tanaman rumah juga sebagai tanaman hias yang cukup menarik untuk menghiasi pekarangan rumah. Tanaman lada perdu juga bisa manjadi tanaman alternatif bagi para pecinta tanaman hias.

Dalam hal budidaya merica untuk skala pertanian, lada perdu juga merupakan komoditas yang sangat menguntungkan. Untuk efisiensi usaha tani lada, diperlukan pengurangan biaya produksi. Mengingat penggunaan tiang panjat bisa menambah biaya produksi, maka lada perdu bisa menjadi salah satu alternatif usaha tani yang perlu mendapat perhatian bagi petani lada.

Dilihat dari varietas maupun hasil produksi tak beda jauh dengan lada panjat sehingga penggunaan lada perdu tidak berpengaruh pada pemasaran hasil. Penggunaan tanaman lada perdu juga mempunyai keunggulan lain jika dibandingkan dengan lada panjat, diantaranya adalah:

a. Pemeliharaan tanaman lebih mudah.
b. Pemanenan lebih mudah.
c. Berproduksi lebih awal (2 tahun).
d. Populasi tanaman per satuan luas lebih banyak (4000-4500 tanaman/ha).
e. Dapat ditanam secara tumpangsari .
f. Bisa ditanam untuk tanaman diantara tanaman tahunan.

Untuk proses pembibitan budidaya merica perdu tergolong mudah untuk dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti varietas, pemilihan pohon induk, waktu tanam, persemaian dan lain-lain. Hal tersebut harus dilakukan dengan cermat supaya menghasilkan bibit-bibit yang unggul & berkualitas.

Dalam budidaya merica atau lada ini butuh perawatan khusus di awal-awal penanaman bibit. Perlakuan tanaman yang dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan tanaman lada yang sehat dan produktifitasnya juga tinggi. Selamat mencoba di rumah, semoga berhasil.

Comments are closed.