Budidaya Wortel Dalam Pot dan di Dataran Rendah

8355 views

Budidaya Wortel Dalam Pot dan di Dataran Rendah Min.500m dpl

Budidaya Wortel Dalam PotWortel sangat terkenal dengan vitamin A nya. Dalam setiap 100 gram bahan mengandung 12.000 S.I vitamin A. Merupakan bahan pangan bergizi tinggi, harga murah dan mudah untuk mendapatkannya. Selain tinggi kandungan vitamin A dan nutrisi, wortel juga bermanfaat dalam menjaga pola hidup sehat dan memelihara kecantikan.

Wortel juga mengandung enzim pencernaan dan berfungsi diuretik. Minum segelas sari daun wortel segar ditambah garam dan sesendok teh sari jeruk nipis berkhasiat untuk mengantisipasi pembentukkan endapan dalam saluran kencing, memperkuat mata, paru-paru, jantung & hati. Bahkan dengan hanya mengunyah daun wortel bisa menyembuhkan luka-luka dalam mulut atau nafas bau, gusi berdarah & sariawan.

Budidaya wortel dalam pot sangat digemari beberapa orang karena mudah dalam penanaman dan juga bermanfaat untuk pemenuhan gizi dalam keluarga. Untuk hasil tanaman wortel yang maksimum kondisi areal tanam dan iklim juga sangat menentukan.

Syarat tumbuh Budidaya wortel dalam pot

_ Wortel tergolong sayuran dataran tinggi. Pada permulaan tumbuh menghendaki cuaca dingin & lembab. Bisa ditanam sepanjang tahun di berbagai musim.

_ Lingkungan tumbuh dengan suhu udara yang dingin & lembab. Untuk pertumbuhan & produksi umbi dibutuhkan suhu udara optimal antara 15,6-21,1 derajat C. Suhu udara yang terlampau tinggi (panas) seringkali menyebabkan umbi kecil-kecil (abnormal) dan berwarna pucat/kusam. bila suhu udara terlalu rendah (sangat dingin), maka umbi akan berbentuk menjadi panjang kecil.

Media Tanam Budidaya wortel dalam pot dan di Dataran Rendah

_ Tanah yang subur, gembur, banyak mengandung bahan organik (humus), tata udara & tata airnya berjalan baik dan tidak tergenang air.

_ Tanah yang paling cocok adalah andosol. Jenis tanah ini umumnya terdapat di daerah dataran tinggi /pegunungan.

_ Wortel bisa tumbuh baik pada keasaman tanah (pH) 5,5-6,5 untuk hasil optimal diperlukan pH 6,0-6,8. Pada tanah yang pH-nya kurang dari 5,0, tanaman wortel menjadi sulit membentuk umbi.

_ Tanah yang mudah becek/mendapat perlakuan pupuk kandang yang berlebihan, sering menyebabkan umbi wortel berserat, bercabang & berambut.

Ketinggian Tempat untuk Budidaya wortel dalam pot

Wortel biasanya ditanam di dataran tinggi pada ketinggian 1.000-1.200 m dpl. Tetapi bisa juga ditanam di dataran rendah (ketinggian lebih dari 500 m dpl.), namun produksi & kualitas kurang memuaskan.

Wortel diperbanyak secara generatif dengan biji-bijinya. Biji (benih) wortel dapat kita beli di toko-toko produksi pertanian, tetapi bisa pula membenihkan sendiri, terutama atas jenis/varietas wortel lokal & non hibrida. Para petani di sentra produksi sayuran sudah umum mempraktekan pembenihan (pembijian) wortel lokal dengan tahap-tahap pekerjaan sebagai berikut:

_ Pilih tanaman yang umurnya cukup tua (kurang lebih 3 bulan), tumbuhnya subur & sehat. Cabut tanaman wortel tadi, lalu amati umbinya. Umbi wortel yang baik dan sehat jadikan pohon induk, bentuk normal (tidak cacat), warna kulit mengkilap kuning/jingga & halus.

_ Potonglah ujung umbi maksimal sepertiga bagian, pangkas pula tangkai daun bersama daunnya, sisakan 10 cm yang lekat pada umbi.

_ Siapkan pot untuk pembibitan wortel yang diolah secara sempurna (dipupuk kandang optimal). Semoga bermanfaat.

Author: 
    author

    Related Post