Thursday , 23 October 2014
You are here: Home » Beternak & Budidaya » Cara Beternak atau Budidaya Puyuh

Cara Beternak atau Budidaya Puyuh

Budidaya PuyuhBanyak hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan budidaya puyuh. Diantaranya adalah dalam sistem perkandangan temperatur yang ideal atau normal yakni berkisar antara 20-25 derajat C, kelembaban kandang berkisar antara 30-80%, penerangan kandang di siang hari cukup 25-40 watt, sedang di malam hari 40-60 watt (ini berlaku untuk cuaca mendung atau musim hujan).

Tata letak kandang sebaiknya diatur agar cahaya matahari pagi bisa masuk ke dalam kandang. Model kandang puyuh ada dua macam yang biasa diterapkan yakni sistem litter (lantai sekam) & sistem sangkar (batere). Ukuran kandang untuk 1 m persegi bisa diisi 90 hingga 100 ekor anak puyuh, selanjuntnya menjadi 60 ekor untuk usia 10 hari sampai lepas masa anakan.

Terakhir menjadi 40 ekor tiap meter persegi sampai masa bertelur. Kandang yang biasa digunakan dalam budidaya burung puyuh adalah sebagai berikut:

1. Kandang induk pembibitan. Kandang ini punya pengaruh langsung terhadap produktifitas & kemampuan menghasilkan telur yang berkualitas. Ukuran kandang haruslah sesuai dengan jumlah puyuh yang akan diternakkan. Idealnya satu ekor puyuh dewasa membutuhkan luas kandang 200 m persegi.

2. Kandang induk petelur. Kandang ini punya fungsi sebagai kandang untuk induk pembibit. Kandang ini punya bentuk, ukuran, & keperluan peralatan yang sama. Kepadatan kandang lebih besar tapi bisa juga sama.

3. Kandang untuk anakan puyuh atau umur stater (kandang indukan). Kandang ini adalah kandang untuk anak puyuh pada umur starter, yakni mulai umur satu hari sampai dengan 2 sampai 3 minggu. Kandang ini fungsinya adalah untuk menjaga agar anak puyuh yang masih memerlukan pemanasan itu tetap terlindung dan mendapat panas yang sesuai kebutuhan.

Kandang ini perlu kita lengkapi dengan alat pemanas. Umumnya ukuran yang sering digunakan adalah lebar 100 cm, panjang 100 cm, tinggi 40 cm, & tinggi kaki 50 cm. (cukup memuat 90 hingga 100 ekor anak puyuh).

4. Kandang untuk puyuh umur grower (3 sampai 6 minggu) & layer (lebih dari 6 minggu). Dari bentuk, ukuran maupun peralatannya sama dengan kandang untuk induk petelur. Alas kandang bisa dari kawat ram.

Peralatan
Peralatan kandang yakni berupa tempat makan, tempat minum, tempat bertelur & tempat obat-obatan.

Penyiapan bibit Budidaya puyuh
Sebelum peternak memulai usahanya, ada 3 (tiga) unsur produksi usaha peternakan yang harus dipahami yaitu bibit/pembibitan, pakan (ransum) & pengelolaan usaha peternakan. Pemilihan bibit burung puyuh disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan, ada tiga macam tujuan pemeliharaan burung puyuh, yakni:

  • Untuk produksi telur konsumsi, pilihlah bibit puyuh jenis ketam betina yang sehat / bebas dari kerier penyakit.
  • Untuk produksi dagingnya, dipilih bibit puyuh jantan & puyuh petelur afkiran.
  • Dan untuk pembibitan / produksi telur tetas, pilihlah bibit puyuh betina yang baik produksi telurnya dan puyuh jantan yang sehat yang siap membuahi puyuh betina agar bisa menjamin telur tetas yang berkwalitas.

Comments are closed.