Cara Bisnis Syariah Ala Rasulullah Muhammad SAW

1854 views

cara bisnisPada artikel kali ini kami akan menyampaikan tentang bagaimana cara bisnis syariah sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Pasalnya saat ini banyak sekali pelaku bisnis nakal yang menghalalkan segala cara hanya demi meraih keuntungan. Padahal keuntungan yang besar tidak akan ada artinya apabila didapatkan dengan cara yang salah.

Berbisnis atau menjalankan usaha memang bukan urusan yang mudah. Pasti ada yang sukses dan tidak sedikit juga yang kurang beruntung. Hal tersebut seharusnya menjadi pelajaran bagi semua pebisnis untuk selalu belajar dan melakukan pekerjaan dengan berhati-hati. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan mencontoh cara berbisnis sukses ala Rasulullah Muhammad SAW.

Cara Berbisnis yang Diajarkan Rasulullah Sejak Ribuan Tahun Lalu

Perlu Anda ketahui bahwa berbagai metode marketing modern yang digunakan oleh masyarakat zaman sekarang sebenarnya sudah dianjurkan oleh Nabi sejak ribuan tahun lalu. Nabi Muhammad SAW mengajarkan supaya para pengusaha bisa memberikan pelayanan yang melebihi ekspektasi pasar. Nah, supaya lebih jelas, simak beberapa poin penting berikut ini.

  1. Selalu Bersifat Jujur

Ketika berdagang, Rasulullah selalu dipercaya oleh para konsumennya. Oleh karena itu saat mudah Rasulullah dijuluki dengan Al Amin yang artinya terpercaya. Semua orang yang berdagang diutamakan utnuk selalu bersifat jujur kepada para konsumennya. Dahulu saat berdagang Nabu Muhammad SAW mengambil stok barang dari Khadijah, wanita kaya raya yang kemudian dipersunting menjadi istrinya. Sikap Rasulullah kepada Khadijah dan juga kepada para pelanggannya sangat jujur. Semua dijelaskan oleh Nabi mulai dari keunggulan ataupun kekurangan produk yang dijualnya.

  1. Mencintai Konsumen

Jika Anda ingin sukses berbisnis, cobalah untuk mencintai konsumen atau customer Anda. Rasulullah memberikan contoh dengan mencintai para konsumennya seperti beliau mencintai dirinya sendiri. Efek positif yang akan muncul dengan rasa mencintai kepada konsumen adalah Anda bisa melayani para pelanggan dengan sepenuh hati dan dengan ikhlas. Rasulullah sangat tidak ingin ada pelanggannya yang tertipu saat membeli barang dagangannya. Rasulullah meminta supaya umatnya bisa mencintai saudaranya seperti mencintai diri sendiri.

  1. Menepati Janji

Nabi Muhammad SAW selalu berusaha untuk tidak mengingkari apa yang telah beliau janjikan. Hal ini juga sesuai dengan firman Allah yang berisi, “Wahai orang-orang yang beriman penuhi janjimu.” Jadi apabila Anda ingin usaha Anda lebih sukses, usahakan Anda selalu memenuhi janji Anda kepada para konsumen. Rasulullah selalu memberikan barang sesuai dengan apa yang dia janjikan sebelumnya. Bahkan ada suatu kisah yang mengatakan bahwa Rasulullah sempat marah karena ada penjual yang mengurangi timbangan.

  1. Segmentasi ala Rasulullah

Kualitas terbaik atau good value adalah salah satu faktor utama yang bisa membantu Anda menuju kesuksesan dalam berbisnis. Konsistensi akan mutu barang yang Anda jual akan sangat berpengaruh bagi respon pembeli. Rasulullah mengajarkan sebuah segmentasi, yaitu apabila ada barang bagus maka jual dengan harga bagus. Begitu pula sebaliknya, apabila kualitas barangnya rendah, maka jual dengan harga yang lebih rendah. Anda bisa menyediakan kualitas barang bagus dan yang lebih rendah untuk menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan pembeli.

Nah, itu tadi adalah empat cara bisnis syariah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jika disimpulkan, untuk menjadi pedagang atau pengusaha yang sukses kuncinya adalah Anda harus memiliki sikap jujur. Demikian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Related Post