Cara Memilih Laptop yang Baik dan Benar

2169 views

inilah Cara Memilih Laptop yang Baik dan Benar

Cara Memilih LaptopSebelum memutuskan untuk membeli laptop kita mungkin banyak pertimbangan. Karena dalam membeli laptop kita pasti tidak hanya melihat dari merknya saja namun juga lebih detail ke speknya. Mungkin pendapat orang merk A itu bagus tapi bagi yang lain laptop merk A kualitasnya jelek. Itu karena banyaknya jenis laptop yang dikeluarkan oleh masing-masing merk berdasarkan spesifikasi & segmen pasar yang dibidik.

Ada laptop kelas low end, kelas menengah, serta high end. Tentu saja untuk laptop di kelas high end akan punya spek yang tinggi dengan harga yang tinggi pula. Sebelum membeli laptop kita mesti menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga dana. Misalnya saja kita membutuhkan laptop hanya untuk sekedar melakukan pekerjaan mengetik tentu tak membutuhkan notebook dengan spesifikasi yang tinggi.

Berbeda jika membutuhkan laptop untuk memainkan game atau buat desain grafis, maka spesifikasi kelas menengah sampai tinggi adalah jawabannya. Jadi, cara memilih laptop yang baik dan benar adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan tentu saja harus memiliki kualitas baik tidak asal-asalan meski harganya murah.

Bila tujuan kita membeli laptop adalah untuk memainkan game atau desain grafis maka pilihlah laptop dengan VGA & memori yang mumpuni. Karena kedua aktifitas tersebut tergolong berat, jika memakai komputer dengan spek rendah dikhawatirkan kinerja akan menjadi lambat / bahkan hang. Usahakan minimal spesifikasi adalah RAM 1 GB dan usahakan bertipe DDR3, VGA 512 MB, prosesor dual core 3.0 GHZ, hdd minimal 500 GB untuk desain grafis dan OS minimal windows xp sp2.

Di bawah spek tersebut untuk memainkan game terbaru saat ini bisa-bisa banyak ngelag, loadingnya lamban, serta gambarnya patah-patah. Semakin tinggi spek notebook yang kita pilih akan semakin nyaman & cepat. Namun bila untuk program desain grafis berat seperti rendering di maya & modelling 3D maka spek laptop yang dibutuhkan harus tinggi. Minimal adalah prosesor core i3 350M, RAM 2 GB DDR3, VGA 512Mb DDR3 seperti Radeon HD5470/6470, 5650/6650, atau NVIDIA GeForce G310M, G410M, GT325M, GT335M, GT425M, dan HDD 500 GB.

Contoh laptop minimum untuk desain grafis berat misalnya ASUS A43SV-VX194D dan ASUS N43SL-VX163D. Tapi lebih baik usahakan minimal membeli laptop sekelas ASUS N43SL-VX163D dengan prosesor core i5, RAM 2GB DDR3, HDD 640GB, VGA NVIDIA GT540M 2GB DDR3. Bila tujuannya adalah untuk mobile (dibawa kemana-mana) maka sebaiknya memilih yang berukuran mini misalnya 10 atau 12 inch, ringan, daya tahan baterai cukup lama, ketersediaan fitur konektifitas seperti wifi, bluetooth, network card, dsb.

Apabila tujuannya untuk sering dipakai di rumah, maka kembali pada tujuannya apakah untuk aktifitas komputasi biasa dan tersambung ke internet atau untuk memainkan game & desain grafis. Jika hanya sekedar mengetik & membuka web browser, maka komputer dengan spek rendah pun sudah cukup. Semoga cara memilih laptop ini bisa membantu.

Author: 
    author

    Related Post