Bagaimana Cara Memulai Usaha yang Benar? Ini Tips Jitunya

1020 views

cara memulai usaha

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara memulai usaha yang baik dan benar. Pasalnya memulai suatu usaha merupakan hal yang harus dipersiapkan secara matang. Bukan hanya tentang modal finansial semata, akan tetapi ada banyak pemikiran yang harus Anda sumbangkan untuk bisa membangun sebuah bisnis yang sukses.

Banyak sekali ide usaha atau bisnis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda. Namun meskipun demikian, sebuah usaha akan sulit berkembang apabila tidak dipersiapkan secara matang. Lalu bagaimana cara membangun dan memulai usaha mulai dari nol? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Memulai usaha dengan Benar untuk Pemula

Bagi Anda yang baru ingin mencoba terjun ke dunia usaha, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Usaha yang sukses tidak harus dimulai dengan modal besar. Bahkan banyak orang sukses yang sebelumnya tidak punya modal sama sekali, tidak punya pengalaman bisnis, bahkan belum punya jaringan juga. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pemula dalam dunia bisnis.

  1. Berjualan Produk Orang Lain

Jika Anda belum punya modal yang cukup untuk membuka usaha, tidak ada salahnya jika Anda memulai usaha dengan menjual produk orang lain. Nah, langkah ini biasanya menjadi batu loncatan bagi banyak orang untuk mengumpulkan modal terlebih dahulu. Barulah setelah modal terkumpul, Anda bisa membangun usaha Anda sendiri sedikit demi sedikit. Ada banyak cara menjual produk orang lain, misal dengan melakukan bisnis dropship, menjualkan secara langsung, dan sebagainya.

  1. Melakukan Observasi

Jika Anda merasa sudah punya cukup modal untuk memulai usaha sendiri, jangan lupa untuk melakukan observasi terlebih dahulu. Lakukan observasi sederhana di lingkungan sekitar Anda. Mulai dari menentukan target marketing, mencari tahu kebutuhan yang banyak dicari oleh masyarakat sekitar, menentukan harga, dan sebagainya. Mengapa harus melakukan observasi? So, kalau Anda menjual produk bagus tapi tidak ada yang mau beli, percuma saja, bukan? Itulah pentingnya melakukan observasi sebelum memulai usaha.

  1. Mencari Supplier

Jika Anda sudah punya modal dan sudah melakukan observasi tentang produk apa yang akan Anda jual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier. Lakukanlah uji market dnegan menjual barang dari berbagai macam brand. Di era internet ini Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari supplier. Anda bisa mencari supplier yang Anda inginkan melalui mesin pencari Google. Banyak sekali penjual yang menawarkan kerjasama menjadi reseller, dropsip, agen, dan sebagainya. Atau Anda juga bisa mencarinya di beberapa forum diskusi atau forum jual beli di internet.

  1. Fokus pada Produk

Setelah usaha Anda mulai berjalan, pasti Anda akan merasakan ada beberapa produk yang penjualannya paling laris. Nah, mulai saat itu cobalah untuk lebih terfokus pada produk yang paling laris tersebut. Dengan demikian Anda punya kesempatan menaikkan level usaha Anda, mulai dari penjual eceran menjadi distributor. Bahkan untuk memperluas jangkauan bisnis, Anda bisa juga memasarkan produk Anda secara online.

Itu tadi adalah contoh langkah-langkah cara memulai usaha yang perlu Anda lakukan untuk mengejar kesuksesan. Namun sebenarnya masih banyak lagi cara-cara lain yang dipilih masing-masing individu. Pasalnya segala macam usaha atau bisnis pasti membutuhkan perjuangan dan proses yang tidak instan. Sekian artikel kali ini, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk Anda.

Related Post