Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur Tanpa Obat

2254 views

Mengatasi Insomnia Susah Tidur Tanpa Obat Secara Alami

Cara mengatasi insomniaBeberapa orang mungkin mengalami gejala susah tidur atau insomnia. Pada umumnya insomnia disebabkan karena faktor psikologis, meskipun ada beberapa gejala yang disebabkan oleh faktor lain misalnya, terlalu sering begadang, minum minuman yang mengandung banyak caffein, beban pekerjaan, dan gangguan kesehatan.

Dengan pola hidup teratur sebenarnya insomsia ini bisa diatasi. Beberapa orang mungkin mengatasi insomnia dengan obat-obatan. Namun sebaiknya hal itu kita hindari saja, karena terlalu banyak menkonsumsi obat-obatan juga kurang baik untuk tubuh kita. Cara alami dan tanpa obat mengatasi insomnia, berikut ini cara yg bisa kita coba.

a. Terapi musik dengan gelombang Beta Brain. Dengarkanlah musik yang dibuat khusus untuk menjadikan otak pada gelombang beta agar membuat kita cepat tertidur. Bagi pengguna smartphone berplatform Android, Apple, dll sudah banyak menyediakan aplikasi gratis berupa musik untuk otak (Brain Wave).

b. Buatlah tempat tidur kita senyaman mungkin. Tempat tidur yang nyaman dapat memberikan dampak pada pelepasan rasa lelah tubuh untuk dapat lebih rileks. Saat tubuh sudah kita rileks maka akan lebih mudah untuk tidur. Buatlah tempat tidur kita seolah tempat pelepas lelah, dengan pencahayaan yang redup, dan juga lengkapi dengan aroma terapi yang segar.

c. Meditasi & pernafasan. Meditasi telah dikenal lama manfaatnya untuk membuat tubuh menjadi rileks. Imbangi latihan meditasi dengan pernafasan yang halus & tenang. Ketika melakukan meditasi, usahakan untuk melupakan semua permasalahan, pasrahkan semua beban hidup pada sang pencipta. Fokuskan fikiran hanya pada satu titik dalam fikiran kita, serta bayangkan kita berada di sebuah tempat yang paling disukai dan yang sangat tenang. Tanpa disadari, dalam beberapa menit kita sudah terlelap.

d. Hindari makan & minum berlebihan menjelang waktu tidur. Makan terlalu kenyang menjelang waktu tidur akan membuat perut kurang nyaman dan akhirnya membuat gelisah dan susah tidur. Begitu pula terlalu banyak minum, hal tersebut bisa membuat kita ingin buang air kecil saat sedang mencoba tidur, bisa jadi sewaktu baru tertidur harus terbangun untuk ke kamar kecil.

e. Jangan beraktifitas di tempat tidur. Tempat tidur sebaiknya digunakan hanya untuk tidur saja. Beraktifitas di tempat tidur akan berdampak hilangnya suasanya tempat tidur sebagai tempat peristirahatan. Perasaan tersebut dapat menggangu sugesti otak yang biasanya terprogram untuk mengatuk saat tubuh sedang berada di tempat tidur jadi tidak mengantuk lagi karena kebiasaan beraktifitas di tempat tidur.

f. Rajin olah raga. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa berolahraga secara teratur mampu memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat mampu membuat kita melawan strees yang menyebabkan susah tidur. Olahraga bagi penderita Insomnia sebaiknya dilakukan di pagi hari.

Bagai yang sering susah tidur, cara mengatasi insomnia tanpa obat dan secara alami di atas bisa segera kita coba agar kita mendapatkan tubuh yang sehat dan lebih kebal terhadap segala penyakit.

Author: 
    author

    Related Post