Cara Mengatasi Masalah Cinta dan Hidup

1663 views

Punya Masalah Cinta, Hidup atau Lainnya, Coba Cara Masalah ini

Cara Mengatasi Masalah Pada umumnya setiap orang pasti pernah mengalami dan punya masalah, dari mulai masalah yang biasa atau masalah kecil sampai masalah yang berat alias luar biasa. Masalah bisa datang tidak terduga namun bisa juga karena kesalahan diri sendiri. Meski tidak ada orang yang mau punya masalah, tapi yang namanya hidup pasti ada saja masalahnya.

Namun, bagaimana kita menghadapi dan mengatasi masalah tersebut? Dan bagaimana dalam menghadapi, mengatasi atau mencegah masalah agar gak terjadi atau meminimalisir masalah tersebut? Banyak orang yang suka bingung dan frustasi jika sedang ada masalah, sepertinya ingin hilang ingatan saja jika sedang mengalami masalah. Semua pasti ada jalan keluarnya, simak cara mengatasi masalah berikut ini:

Pikirin dahulu sebelum melakukan sesuatu
Umumnya masalah datang karena kesalahan diri sendiri, sebelum melakukan sesuatu sebaiknya dipikirkan dulu bagaimana dampak ke depannya yang akan terjadi, apakah ada dampak buruk atau tidaknya. Karna kebanyakan dari kita selalu berfikir tentang “bagaimana nanti”, seharusnya sebelum melakukan sesuatu pikirkan juga “nantinya bagaimana”.

Tenang dan bersabarlah
Jika masalah sudah datang, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah tetap tenang & sabar. Meski mungkin pikiran kacau dan galau, cobalah untuk sabar. Coba lihat dulu masalahnya kenapa dan dari mana, masalah biasa atau luar biasa, kemudian coba pikirkan tentang jalan keluarnya. Karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Menceritakan ke orang terdekat yang bisa dipercaya
Pada umumnya setiap kali ada masalah, pasti ada saatnya kita tidak bisa menyelesaikan sendiri, kita butuh teman. Mungkin cuma sekedar shering atau berbagi tentang masalah kita, atau bisa juga minta saran dan bantuannya. Tapi kita harus pilih teman yang bisa dipercaya dan syukur-syukur kalau bisa kasih solusi.

Hadapi dan coba atasi masalah tanpa masalah
Setelah kita mengetahui darimana masalah yang kita hadapi, dengan tenang, sabar dan sudah coba shering ke orang orang terdekat, cobalah untuk cari solusinya buat mengatasi masalah tanpa masalah lagi. Besar kecil masalah yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya, dan setiap masalah yang kita hadapi pasti ada orang lain yang mengalami masalah lebih dan lebih berat ketimbang kita.

Ambil pelajaran serta hikmah dari masalah yang dialami
Jika masalah yang dihadapi sudah bisa diatasi, kita coba ambil pelajaran & hikmahnya. Jangan sampai mengalami atau mengulang masalah yang sama di kemudian hari, seperti kata pepatah “jangan jatuh dilubang yang sama”.

Setiap kehidupan pasti ada masalah, namun jangan karena sedang dilanda masalah lantas kita menjadi lemah. Di saat sedang mengalami masalah seharusnya kita harus memperkuat diri dengan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga cara mengatasi masalah tersebut bisa memberi pencerahan bagi kita semua.

Author: 
    author

    Related Post