Sunday , 21 September 2014
You are here: Home » Peluang Usaha » Contoh Peluang Bisnis 2013 yang Menjanjikan

Contoh Peluang Bisnis 2013 yang Menjanjikan

Peluang Usaha Kuliner di Tahun 2013 yang Menjanjikan

Peluang Bisnis 2013Melihat meningkatnya minat masyarakat dari tahun ke tahun, bisnis kuliner diprediksi akan terus eksis di tahun 2013 ini. Para pakar waralaba pun memprediksikan bahwa usaha kuliner akan semakin digemari. Alasan mendasar dipilihnya bisnis ini karena peluang usaha kuliner perputaran uangnya yang relatif cepat.

Namun memulai bisnis kuliner ini bukanlah sesuatu yang mudah, semua kembali kepada kita dalam mengelolanya. Penting untuk diingat juga bahwa, keahlian memasak makanan yang lezat yang dimiliki, tak selalu menjamin sebuah bisnis kuliner berhasil. Dibutuhkan kesiapan mental dan pengetahuan yang cukup untuk mengambil peluang bisnis kuliner di tahun 2013 ini. Berikut sedikit cara dalam memulai sebuah usaha makanan kuliner.

a. Mengerti apa yang dijual. Sebelum mempersiapkan semuanya, kita perlu pahami apakah kita akan menjual makanan yang bisa menghasilkan uang. Langkah pertama adalah untuk mengklasifikasikan jenis-jenis makanan yang kita buat. Lebih tepatnya lagi kita harus tahu mengenai apa jenis makanan akan dibeli dan terus dibeli oleh pelanggan.

Sebagai contoh, kita tertarik untuk melakukan bisnis makanan penutup, yang tentu saja prospeknya masih luas di bisnis makanan. Contoh lain adalah, jika klasifikasikan kita adalah memproduksi kue tar, kue atau pie. Maka kita harus merencanakan apakah akan membuka toko roti atau restoran. Atau kita bisa memilih untuk membuka usaha katering atau menerima pesanan kue ulang tahun. Bila produk yang kita buat adalah roti isi misalnya, berbagai makanan beku seperti sosis, nugget, kita pun dapat membuka sup stand yang berbeda di mal.

b. Mempelajari tren pasar. Kita juga harus belajar trend makanan kuliner yang ada untuk sekarang ini ini. Satu contoh, bisnis cemilan serabi kuah, kitaa pun dapat membuka bisnis ini namun dengan ciri khas kita sendiri. Membuat serabi nampak berbeda dengan serabi lainnya, adalah salah satu terobosan untuk mampu kompetitif di pasaran.

c. Standar resep. Dalam membangun peluang bisnis penjualan makanan, kita pun harus punya resep terpercaya yang sudah diuji. Standar resep ini akan menjadi kredibilitas tersendiri bagi kita maupun produk yang dijual, coba minta pihak keluarga atau teman terdekat untuk mencicipi resep yang kita buat, jika hasil resep kita dinilai enak dan layak jual, maka ini merupakan tanda keberhasilan di langkah awal. Namun harus diingat bahwa, jangan sampai resep ini bocor ke luar. Kita pun harus punya bahan rahasia yang membedakannya dari resep yang dimiliki kompetitor kita.

Peluang bisnis 2013 ini memang masih akan diramaikan dengan usaha kuliner. Ini nampak terasa jika kita berjalan-jalan di beberapa mall, dimana kita akan menemukan beberapa stand penjualan masakan beraneka ragam mulai dari masakan nusantara hingga masakan luar negeri seperti masakan jepang yang sedang ramai diidik pasarnya.

Comments are closed.