Contoh Peluang Usaha 2017 – Bisnis Modal Kecil

3413 views

Peluang Usaha 2017 dari Bisnis Kopi Luwak Modal Kecil

Peluang Usaha 2017

Melihat keberadaannya dari tahun ke tahun kopi luwak nampaknya semakin menujukkan eksistensinya di segmen pasar pecinta kopi. Maka tak heran jika peluang bisnisnya dilirik oleh banyak orang. Kopi luwak adalah seduhan kopi berbahan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Biji kopi ini diyakini punya rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.

Kopi yang populer di kawasan Asia Tenggara ini telah lama diketahui, tetapi baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi dia tahun 1980 an. Biji kopi luwak menjadi biji kopi yang termahal di dunia, yakni mencapai USD100 per 450 gram. Kopi Luwak pada mulanya terkait erat dengan sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia.

Di awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan tanaman komersial terutama di pulau Jawa & Sumatera. Salah satunya adalah bibit kopi arabika yang didatangkan dari Yaman. Ketika “Tanam Paksa” atau tahun 1830-1870, Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi, namun penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yang terkenal itu. Lalu pekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang suka memakan buah kopi, tapi hanya daging buahnya saja yang tercerna, kulit ari serta biji kopinya masih utuh dan tidak ikut dalam pencernaan.

Biji kopi dalam kotoran luwak ini lalu diambil, dicuci, disangrai, ditumbuk, lalu diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak. Kabar tentang kenikmatan kopi aromatik ini akhirnya tercium oleh warga Belanda pemilik perkebunan, maka kemudian kopi ini menjadi kesukaan orang kaya Belanda. Dikarenakan kelangkaan dan proses pembuatannya yang tidak lazim, kopi luwak ini pun menjadi kopi yang mahal sejak zaman kolonial.

Peluang Usaha Kopi Luwak ditahun 2017

Sekarang ini telah banyak sekali para pebisnis atau pengusaha bahkan para petani kopi yang berbondong-bondong untuk menggeluti bisnis paling nyentrik yaitu bisnis kopi luwak. Pastinya bisnis kopi luwak dengan modal kecil ini sangat menggiurkan, mengingat harga kopi luwak yang terlampau tinggi dan susah untuk didapatkan. Maka tak heran jika sekarang ini ada seminar dan training kopi luwak yang sudah mulai menjamur dan banyak diikuti meski dengan biaya yang relatitif mahal.

Di kota Bandung misalnya, biaya untuk training pelatihan penangkaran kopi luwak bisa mencapai 3 juta rupiah untuk 2 hari masa pelatihan. Buku serta E-book kopi luwak pun sudah mulai banyak dipasarkan demi menunjang informasi seputar kopi luwak yang mengupas tentang proses pengolahan kopi luwak mulai dari penangkaran luwak sampai packaging hingga teknik pemasaran kopi luak ini. Sekarang tinggal kita pilih, ingin mencoba untuk memproduksi atau membangun peluang usaha tahun 2017 yang lebih kecil risikonya. Salam bisnis.

Author: 
    author

    Related Post