Bagian-Bagian Penting dalam Membuat Contoh Proposal Bisnis Plan

7441 views

contoh proposal bisnis planMembuat contoh proposal bisnis plan tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan oleh sembarangan orang. Bisnis plan atau perencanaan bisnis haruslah Anda buat dan Anda rencanakan sendiri. Pasalnya pelaksana bisnisnya adalah diri Anda sendiri, bukan orang lain. Kecuali kalau memang Anda menjadi seorang konsultan usaha atau bisnis.

Bisnis plan merupakan salah satu persiapan terpenting yang tidak boleh terlewatkan sebelum merintis sebuah usaha. Ada banyak hal yang tercantum dalam proposal bisnis plan tersebut. Termasuk bagaimana cara pengelolaan usaha yang Anda jalankan, beserta rencana untuk mengembangkan usaha tersebut.

Tips Penyusunan Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik

Membuat proposal bisnis plan cukup membutuhkan waktu yang lama. Pasalnya banyak yang harus dipertimbangkan dan dituangkan pada proposal tersebut. Ada banyak informasi yang harus Anda kumpulkan terlebih dahulu sebelum mulai menyusun bisnis plan. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang harus ada dalam sebuah proposal perencanaan bisnis.

  1. Ringkasan Bisnis

Pada bagian ringkasan ini Anda sebagai perencana bisnis harus mencantumkan penjelasan tentang apa yang akan Anda lakukan melalui perencanaan bisnis tersebut. Pastikan penjelasan atau ringkasan tersebut disusun dalam alur yang jelas dan juga bisa menyampaikan tujuan proposal tersebut secara garis besar.

  1. Deskripsi Bisnis

Setelah menjelaskan tentang rencana bisnis secara garis besar, selanjutnya Anda harus mendeskripsikan bisnis yang Anda rencanakan. Yang harus Anda tulis pada bab ini adalah tentang apa yang saat ini sedang terjadi pada indusri yang Anda rencanakan tersebut. Anda juga harus menyampaikan tentang segala kemungkinan yang bisa terjadi pada bisnis tersebut di masa mendatang.

  1. Strategi Marketing

Setelah menuliskan deskripsi, selanjutnya Anda harus mencantumkan strategi pasar. Di mana strategi pasar ini adalah hasil analisis yang sudah Anda lakukan pada pasar. Hal ini akan membuat Anda lebih mengenal tentang karakteristik pasar dan membuat Anda lebih mudah menentukan target pasar Anda.

  1. Analisa Kompetitor

Yang tak kalah penting selanjutnya adalah mengetahui tentang pergerakan kompetitor. Anda harus menganalisa bagaimana kompetitor Anda di pasar. Mulai dari kelebihan mereka hingga kelemahan para kompetitor di bidang bisnis yang akan Anda jalankan. Setelah mengetahui apa saja kelemahan para kompetitor, di situlah Anda bisa mendapatkan celah untuk bisa bersaing.

  1. Desain dan Pengembangan Rencana

Bagian yang satu ini berisikan tentang deskripsi produk, grafik perkembangan produksi, pemasaran, dan juga anggaran pengembangan yang Anda butuhkan supaya bisnis atau usaha terkait bisa mencapai tujuan. Desain dan pengembangan rencana ini sangat penting keberadaannya dalam sebuah proposal bisnis plan.

  1. Faktor Keuangan

Faktor keuangan selalu menjadi bagian terpenting dalam pembuatan sebuah proposal bisnis plan. Dan bagian ini biasanya selalu ada di bagian paling belakangan proposal perencanaan bisnis. Pada bagian faktor keuangan Anda harus menjelaskan dan membuat datanya secara jelas dan sangat terperinci. Tujuannya tentu supaya para calon investor yang membacanya bisa memahami perencanaan keuangan yang Anda buat secara jelas.

So, kurang lebih itu tadi beberapa bagian penting yang perlu Anda perhatikan dalam penyusunan conoth proposal bisnis plan. Tidak mudah memang, karena Anda harus mengumpulkan banyak informasi mengenai bisnis yang Anda rencanakan. Untuk membuat proposal bisnis plan Anda lebih menarik saat dibaca, Anda bisa membuatnya dengan desain grafis yang menarik. Sekian artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Post