Tips Menyusun Contoh Proposal Usaha Distro yang Benar

1777 views

contoh proposal usaha distro

Bisnis distro atau distribution outlet menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup populer saat ini. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips kepada Anda mengenai bagaimana cara menyusun contoh proposal usaha distro dengan benar. Barangkali Anda saat ini sedang berencana untuk membuat distro, namun membutuhkan suntikan dana dari investor.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa proposal berfungsi untuk mengajukan dana terkait sebuah usaha atau kegiatan. Oleh karena itu, dibutuhkan ketelitian dan kecerdasan dalam membuat sebuah proposal supaya pihak pemberi dana bisa tertarik dengan usaha atau kegiatan yang Anda rencanakan melalui proposal tersebut.

Bagian Penting yang Harus Ada pada Contoh Proposal Usaha Distro

Pada sebuah proposal ada beberapa bagian penting yang tidak boleh dilupakan. Pasalnya jika bagian-bagian penting tersebut tidak ikut dicantumkan dalam proposal Anda, tentu akan mengurangi nilai proposal tersebut. Beberapa hal penting tersebut diantaranya pendahuluan, profil badan usaha, struktur organisasi, penjelasan produk, target pasar, rencana anggaran, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

  1. Pendahuluan

Pada sebuah proposal Anda harus mencantumkan bab pendahuluan atau pengenalan. Bagian tersebut berisikan tentang latar belakang usaha distro yang Anda rencanakan. Tuliskan dan jelaskan bagaimana gambaran usaha yang akan Anda jalankan nantinya.

  1. Profil Badan Usaha

Setelah menjelaskan latar belakang usaha di bab pendahuluan, Anda juga harus menguraikan profil badan usaha distro. Pada bagian tersebut Anda bisa menjelaskan tentang di mana lokasi usaha Anda, jenis atau model distro yang Anda pilih, dan sebagainya.

  1. Struktur Organisasi

Untuk menjalankan sebuah usaha Anda pasti membutuhkan beberapa orang untuk membantu Anda. Oleh karena itu cantumkan nama-nama orang-orang tersebut dan tugasnya terkait usaha distro yang akan Anda jalankan pada bagian struktur organisasi.

  1. Penjelasan Produk

Selain itu Anda juga harus bisa menjelaskan produk apa saja yang akan Anda jual. Anda juga bisa menjelaskan apa saja keunggulan atau kelebihan produk yang Anda jual pada distro. Jelaskan secara terperinci supaya tidak menimbulkan kebingungan.

  1. Target Pasar

Selain mencantumkan produk yang akan dijual, Anda juga harus menuliskan target pasarnya. Secara umum distro lebih banyak dicari oleh kalangan remaja baik pria ataupun wanita. Uraikan sasaran pasar Anda dengan jelas.

  1. Cara Pemasaran

Bagian lain yang tak kalah pentingnya adalah rencana pemasaran yang akan Anda lakukan supaya usaha distro Anda bisa berjalan lancar. Anda harus merencanakan cara promosi dan juga cara pemasaran yang jitu supaya pihak investor lebih tertarik.

  1. Perencanaan Anggaran

Sebuah usaha pasti butuh modal, dan modal yang Anda butuhkan harus Anda tuangkan sedetail mungkin pada bagian laporan keuangan. Tuliskan semua perencanaan biaya yang Anda butuhkan, termasuk penghitungan laba serta bagi hasil yang akan Anda lakukan dengan pihak investor.

  1. Penutup

Bagian terakhir yang tak kalah pentingnya adalah bagian penutup. Pada bab tersebut Anda tuliskan kalimat-kalimat yang bisa membuat investor yakin harus memberikan dana atau modal kepada Anda. Ucapan terima kasih juga tak kalah pentingnya untuk Anda cantumkan pada abgian ini.

So, itu tadi adalah delapan bagian penting yang perlu Anda cantumkan pada conoth proposal usaha distro. Sekian artikel kali ini, semoga tips-tips tadi bisa menjadi referensi bagi Anda dan bisa memberi wawasan baru. Semoga bermanfaat.

Related Post