4 Ide Usaha Modal Kecil untuk Anak Muda Kreatif

3685 views

ide usaha modal kecil

Jika Anda berani melihat ke luar dan bisa memanfaatkan kemampuan yang Anda miliki, sebenarnya ide usaha modal kecil bisa Anda temukan dengan mudah. Apalagi jika Anda punya banyak ide-ide kreatif. Ada yang mengatakan bahwa kreativitas tidak akan ada batasnya, termasuk dalam dunia bisnis atau usaha.

Jangan salah, dengan hanya modal Rp 1 juta-an, Anda bisa memulai sebuah usaha sendiri. Jadi Anda tidak perlu repot lagi menjadi bawahan orang lain. Anda mungkin akan menjadi pesuruh, hanya saja pesuruh dari diri Anda sendiri. Intinya menjadi seorang pengusaha atau wirausaha merupakan jalan terbaik bagi Anda yang ingin meraih kesuksesan.

Contoh Ide Usaha Modal Kecil di Rumah

Semua usaha atau bisnis pasti butuh modal, entah modal yang kecil atau yang besar. Namun bagi Anda yang punya masalah dari segi modal finansial, mungkin bisnis yang paling cocok untuk Anda adalah jenis usaha rumahan yang bisa dimulai dengan modal kecil. Nah, berikut ini kami akan berikan contoh usaha modal kecil yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Pengerajin Rumahan

Jika Anda punya keterampilan dalam melakukan beberapa hal seperti memasak, membuat kue, membuat kerajinan tangan, membuat desain kaos, dan sebagainya, coba saja menjadi pengerajin rumahan. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, karena terkadang modal pun sudah disediakan dari pihak yang memesan. Akan tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah masalah kualitas produk. Pastikan Anda selalu memberikan yang terbaik pada setiap yang Anda kerjakan.

  1. Online Freelancer

Banyak sekali jenis pekerjaan lepas atau freelance, misalnya seperti supir mobil atau guru les privat. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya internet, bisnis freelance pun mulai merambah dunia online. Sebagai seorang online freelancer atau pekerja lepas online, banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Contohnya Anda punya kemampuan menulis, maka Anda bisa menjadi content writer. Atau jika Anda punya kemampuan dalam mengolah website, Anda bisa coba menjadi seorang freelance web developer.

  1. Jasa Konsultasi

Apabila setelah lulus kuliah Anda tidak punya ide ingin bekerja sebagai apa, mengapa Anda tidak bekerja sendiri dengan memanfaatkan ilmu yang Anda punya? Misalnya Anda kuliah di bidang akutansi, maka tidak selamanya seorang lulusan akutansi harus menjadi akuntan. Anda bisa membuka jasa konsultasi mengenai akutansi perusahaan. Biaya atau modal yang Anda butuhkan tidak besar. Anda hanya perlu menyulap sebuah ruangan di rumah Anda menjadi kantor atau ‘markas’. Pekerjaannya tidak sulit, namun hasilnya cukup menguntungkan.

  1. Bisnis Dropship

Selain menjadi seorang online freelancer, bisnis online lain yang membutuhkan modal kecil adalah menjadi dropsiper. Bisnis ini merupakan sebuah usaha yang mudah dan murah untuk dilakukan. Anda tidak perlu pusing memikirkan stok barang dagangan Anda, karena hal itu sudah menjadi urusan pihak penyedia barang. Tugas Anda hanyalah melayani pembeli dan memesankan barangnya dari pihak penyedia barang untuk dikirim ke pembeli. Modalnya kecil, minimal Anda punya PC, laptop atau gadget yang terkoneksi dengan internet.

Yang perlu Anda ketahui adalah merintis sebuah usaha tidak selamanya membutuhkan modal yang besar. Dengan modal minim pun sebenarnya ada banyak sekali ide usaha modal kecil yang bisa Anda coba di rumah. So, semoga beberapa contoh ide bisnis yang barusan kami sampaikan bisa memberikan inspirasi bagi Anda. Terima kasih.

Related Post