Peluang Budidaya Ikan Lele yang Mudah dan Menguntungkan

2112 views

Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal yang Mudah dan Menguntungkan

Budidaya Ikan LeleKebutuhan pasar untuk ikan lele, seolah tak pernah berhenti. Peternak ikan lele juga semakin banyak seiring banjirnya permintaan di pasaran. Peluang budidaya ikan lele yang mudah dan menguntungkan prospeknya sangat cerah, karena kebutuhan lele untuk konsumsi lumayan besar di Indonesia.

Budidaya untuk pembibitan

Hal yang perlu diketahui bila ingin budidayakan ikan lele, khusus pada bidang pembibitan yaitu saat pemijahan dan penetesan telur. Setelah menetas bibit ikan bisa dijual kepada para peternak lain untuk dibesarkan atau dipelihari kembali hingga besar. Karena bibit lele langsung dapat kita jual ketika menetas, sehingga merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan.

Penyediaan bibit ikan lele dengan ukuran 2 hingga 3 cm dapat tercapai saat usia penetasan sudah mencapai 1 bulan. Biasanya pemeliharaan bibit dilakukan di kolam berlumpur / sawah yang memerlukan lahan yang relatif lebih luas. Namun pemeliharaan bibit ikan lele juga sebenarnya bisa dilakukan di kolam terpal, meski hal ini tak bisa dilakukan dalam jumlah polulasi bibit dalam jumlah besar.

Agar bibit ikan lele cepat besar ketika memiliharanya pada kolam terpal, maka hal yang harus dilakukan adalah memberikan makanan berupa pelet yang cukup tiap harinya. Untuk menjadikan bibit ikan lele hingga ukuran 5-7 cm, maka butuh waktu hingga 2 bulan. Setelah bibit mencapai ukuran ini, maka sejatinya sudah dapat dijual sebagai bibit yang mendatangkan keuntungan bagi peternak.

Budidaya untuk konsumsi

Ikan lele untuk keperluan konsumsi bisa dipelihara di saat mencapai ukuran 5-7 cm. Ukuran bibit yang lebih besar, akan lebih baik pula untuk dibudidayakan. Supaya panen berlangsung dengan cepat, yakni sekitar 3-4 bulan masa budidaya, maka ikan harus diberi makanan ekstra & optimal. Budidaya ikan lele yang menguntungkan ini untuk konsumsi dinilai cukup mudah, karena ikan dengan ukuran lebih besar akan lebih tahan terhadap penyakit.

Persiapan untuk kolam terpal

Hal terpenting untuk dilakukan ketika ingin membudidayakan ikan lele untuk tujuan konsumsi yakni dengan mempersiapakan tempat budidaya. Dalam hal ini dilakukan di kolam terpal, maka persiapan kolam haruslah disiapkan dengan baik, karena akan berbeda pada kolam tanah maupun kolam semen. Dalam persiapan kolam terpal diperlukan material berupa terpal dan persiapan perangkat pendukung lainnya.

Untuk 100 ekor ikan lele, maka kolam yang harus dipersiapkan yakni dengan ukuran 2 x 1x 0.6 meter. Pembuatan kolam dapat dilakukan dengan menggali tanah lalu diberi terpal / dengan membuat rangka dari kayu dan kemudian diberi terpal. Cara menggali tanah yang kemudian diberi terpal adalah dengan cara yang paling tepat karena akan membuat kondisi terpal lebih tahan lama.

Harus juga dipertimbangkan dinding kolam yang kuat, dan jalur pembuangan air yang benar. Agar memudahkan saat penggantian air. Budidaya ikan lele pangsa pasarnya masih sangat luas, tak hanya di dalam kota saja namun bisa kita distribusikan ke berbagai daerah lain di indonesia.

Author: 
    author

    Related Post