Peluang Usaha Ternak Sapi yang Sangat Menjanjikan

1587 views

peluang usaha ternak

Peluang usaha ternak sebenarnya sangat terbuka lebar bagi semua orang terutama yang mau berusaha dan bersusah payah. Mengurus ternak memang bukan hal yang mudah, dan hal itulah yang sering menjadi alasan mengapa seorang pebisnis tidak melirik peluang usaha yang satu ini. Namun demikian bukan berarti ternak bukanlah usaha yang tidak menguntungkan.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba usaha ternak sapi, mungkin yang Anda bayangkan adalah pekerjaan-pekerjaan berat. Memang begitu, namun bayangkan saja berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari seekor sapi. Akan tetapi banyaknya jenis sapi mungkin juga harus membuat Anda lebih selektif dalam memilih jenis sapi mana yang akan Anda ternakkan.

Tips Memanfaatkan Besarnya Peluang Usah Ternak Sapi

Secara umum ada beberapa jenis sapi yang bisa diternakkan, yaitu sapi Bali, sapi Ongole, sapi Brahma, sapi Lompusin dan sapi Madura. Akan tetapi sebenarnya ada banyak kesamaan dalam cara pemeliharaannya. Nah, bagi Anda yang masih pemula dalam usaha ternak sapi, mungkin beberapa tips dari kami ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

  1. Mempertahankan Konsumen

Menjadi seorang peternak sapi lokal yang sukses memang bukanlah hal yang mudah. Pasalnya Anda harus bersaing dengan sapi-sapi impor yang terkadang kualitasnya bisa lebih baik. Bisnis sapi lokal ini juga sering terganggu dengan adanya kebijakan sapi impor. Oleh karena itu untuk bisa menjadi peternak sapi yang sukses, Anda harus bisa mempertahankan konsumen. Caranya adalah dengan menjelaskan kepada konsumen mengenai keunggulan-keunggulan sapi lokal ketimbang sapi impor.

  1. Punya Lahan Pakan Sendiri

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam beternak sapi, sebaiknya Anda punya lahan pakan sendiri. Apalgi jika Anda punya ternak sapi yang jumlah hewan ternaknya cukup besar. Nah, kalau Anda membeli pakan atau menggunakan lahan orang lain, tentu Anda sendiri yang akan rugi. Terutama jika usaha Anda sedang mengalami kendala-kendala yang tidak terduga. Saat ini para pengusaha ternak sapi yang sukses lebih memilih untuk memiliki lahan pakan sendiri supaya keuntungan yang didapatkan lebih maksimal.

  1. Mencoba Variasi Usaha

Jika Anda hanya terfokus pada ternak sapi saja, mungkin usaha Anda akan sulit berkembang. Oleh karena itu apabila ternak sapi Anda sudah mulai bisa berjalan lancar, cobalah melakukan variasi-variasi usaha yang lain. Misalnya dengan usaha potong sapi, karena kebutuhan daging sapi masyarakat Indonesia setiap tahunnya selalu meningkat. Itulah yang membuat peluang bisnis potong sapi ini sangat terbuka lebar. Terutama pada momen-momen tertentu seperti lebaran, tahun baru, natal, dan sebagainya.

  1. Memperluas Konsumen

Apabila memungkinkan, usahakan Anda mencari konsumen dari luar daerah. Yang jelas usahakan memperluas jaringan supaya konsumen Anda bisa datang dari mana pun termasuk dari luar negeri. Bahkan jika Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi, Anda bisa membuat bisnis ternak sapi ini menjadi bisnis online. Jadi untuk masalah pemesanan, konsultasi, dan sebagainya bisa Anda lakukan secara online. Namun semuanya bergantung pada ide kreatif Anda masing-masing.

Setelah mengetahui empat tips yang barusan kami sampaikan, sekarang bersiap-siaplah untuk mulai menjadi peternak sapi. Pasalnya peluang usaha ternak sapi di Indonesia ini sangat terbuka lebar. Namun untuk selanjutnya mungkin Anda perlu menerapkan strategi yang lebih jitu lagi untuk masuk ke ranah persaingan bisnis yang sangat ketat. So, sekian artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Post