Strategi Bisnis Jitu untuk Merintis Sebuah Usaha Baru

1186 views

strategi bisnis

Strategi bisnis adalah salah satu hal yang perlu Anda persiapkan sejak dini apabila Anda ingin memulai suatu bisnis atau usaha baru. Pasalnya tanpa strategi yang jitu, sepertinya sebuah bisnis baru akan cukup sulit untuk menembus persaingan pasar yang semakin lama semakin ketat. Tanpa strategi, cukup sulit untuk menyaingi para kompetitor yang sudah terlebih dahulu eksis.

Maka dari itu penyusunan dan perencanaan strategi jitu perlu Anda lakukan untuk membuat bisnis yang baru Anda rintis bisa menembus ketatnya persaingan pasar. Lalu hal apa saja yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis pemula? Sebenarnya ada banyak hal, namun beberapa diantaranya sudah kami rangkum dalam penjelasan berikut ini.

Beberapa Strategi Bisnis Jitu untuk Pebisnis Pemula

Untuk menjadi seorang pengusaha atau wirausahawan sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa trik dan tips supaya peluang suksesnya terbuka lebih lebar. Untuk itu berikut ini akan kami jelaskan beberapa poin penting mengenai bagaimana strategi bisnis yang jitu untuk para wirausahawan baru.

  1. Mulai dari Hal yang Sederhana

Kebingungan pertama yang sering dihadapi oleh seorang wirausahawan baru adalah produk apa yang akan dijual. Nah, sebenarnya Anda tidak perlu bingung, pusing atau galau. Pasalnya ada banyak hal sederhana di sekitar Anda yang pastinya bisa Anda jadikan bisnis. Coba pikirkan hal-hal sederhana yang peluangnya sangat terbuka lebar untuk menjadi bisnis. Hindari untuk memulai usaha Anda dengan ide-ide yang rumit namun tidak bisa diandalkan.

  1. Menjadi Berbeda

Saat ini jika Anda menghitung penjual bakso di daerah sekitar rumah Anda, pasti jumlahnya sangat banyak. Belasan, bahkan terkadang sampai puluhan. Lalu jika Anda ingin berjualan bakso juga, bagaimana cara menembus persaingan pasar yang begitu ketat? Salah satu strategi jitu yang perlu Anda lakukan adalah menjadi yang paling berbeda. Mungkin Anda bisa membuat bakso dengan presentasi yang unik atau mengombinasikan bakso dengan jenis kuliner lainnya.

  1. Langkah Promosi yang Tepat

Selain menjadi berbeda dan yang paling unik, untuk bisa membuat produk Anda lebih dikenal dan berhasil memenangkan persaingan bisnis adalah dengan melakukan langkah promosi yang tepat. Terkadang banyak orang yang menyepelekan promosi, padahal cara tersebut adalah yang paling efektif untuk membuat orang lain mengetahui keberadaan usaha Anda.

Misalnya Anda bisa menyebarkan pamflet, atau yang paling sederhana adalah melakukan promosi melalui media sosial. Misalnya melalui Facebook, Twitter, Instagram, BBM, dan sebagainya.

  1. Manfaatkan Modal dengan Baik

Terkadang pebisnis pemula terlalu panik dan tidak percaya diri saat memulai bisnisnya. Alhasil terkadang modal yang ada justru tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Jika Anda punya modal yang cukup besar, jangan habiskan modal Anda untuk hal-hal yang tidak penting. Apabila modalnya masih sisa, simpan saja dan jangan paksakan untuk melakukan berbagai macam hal yang sebetulnya tidak mendukung kelancaran bisnis Anda. Cobalah untuk menjadi lebih kreatif dan lebih hemat dalam mengelola modal yang Anda miliki.

Nah, itu tadi adalah empat tips penting yang perlu Anda lakukan untuk memulai atau merintis sebuah usaha. Yang perlu Anda ingat adalah dalam suatu usaha, strategi bisnis merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh dikesampingkan. Oleh karena itu semoga tips singkat yang barusan kami sampaikan bisa memberikan isnpirasi untuk Anda. Sekian artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Post