Friday , 19 December 2014
You are here: Home » Beternak & Budidaya » Teknik Cara Memulai Bertanam dan Budidaya Coklat

Teknik Cara Memulai Bertanam dan Budidaya Coklat

Cara Memulai Bertanam dan Budidaya Tanaman Pohon Coklat

Budidaya CoklatIndonesia memang berlimbah dengan segala kekayaan alamnya. Bermacam kebun buah bisa kita temukan di berbagai daerah. Baik kebun buah skala kecil maupun skala besar. Salah satu tanaman yang biasa terdapat di sebuah kebun yang luas adalah coklat. Coklat umumnya ditanam dalam jumlah yang banyak sama halnya seperti pohon kopi.

Bagi Anda yang punya lahan cukup luas, bertanam dan budidaya coklat ini bisa menjadi pilihan, karena coklat punya nilai jual yang tinggi. Budidaya coklat memang telah lama dikenal di Indonesia sejalan dengan semakin meningkatnya permintaan akan komoditi ini, namun pada kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa produksi dari tanaman coklat ini semakin mengalami penurunan.

Penurunan produksi ini menurut beberapa ahli berpendapat bahwa bertanam coklat saat ini masih menggunakan tanaman-tanaman tua yang produktivitasnya semakin berkurang bahkan banyak tanaman yang sudah terserang hama penyakit yang menahun seperti penyakit PBK dan penyakit lainnya.

Meremajaan tanaman ini adalah satu-satunya solusi dari masalah budidaya coklat di atas dan sambung pucuk menjadi salah satu alternatif dalam memperoleh pohon yang baru. Sambung pucuk / chupon grafting pada tanaman kakao atau coklat merupakan salah satu teknik mengembangbiakkan tanaman yang digunakan untuk menyambung dengan menggunakan bagian tanaman yang telah diketahui kualitasnya / yang produktif ke bagian bawah tanaman coklat. Cara ini sangat mudah dilakukan dan khususnya petani bisa untuk melakukannya di kebun sendiri. tejnik dan cara memulai kerjanya adalah:

Persiapan alat dan bahan. Alat yang kita pakai yakni pisau okulasi, kantong plastik buram biasanya kantung plastik gula, tali raffia atau tali plastik dan tangkai pucuk yang akan disambung.

Perangsangan tanaman induk. Tanaman tua yang hendak diremajakan dirangsang pertumbuhan pucuk mudanya dengan memberinya urea / NPK sebanyak 250 gram di setiap pohonnya. Biarkan tanaman muda muncul hingga berumur sekitar 2 bulan atau diameter batangnya cukup besar mirip pulpen dan siap untuk dilakukan penyambungan. Teknik penyambungan dengan memilih pucuk yang sehat yang letaknya di bagian bawah pohon coklat.

Potong batang pucuk dengan menyisakan 3 lembar daun di bagian bawah batang pucuk yang dipotong. Irislah secara vertikal sekitar 2 sampai 3 cm. Selipkan batang pucuk / entrs penyambung yang telah diiris sama panjangnya dengan irisan batang bawah tadi secara meruncing (conical) di kedua sisinya. Kemudian selipkan entries tersebut pada batang bagian bawah dalam posisi yang saling melekat dan rekatkan pakai tali plastik dengan tepat dan tutup dengan kantong plastik buram lalu ikatlah dengan tali agar sambungan terlindung dari penguapan yang berlebih dan kemungkinan infeksi penyakit.

Keberhasilan teknik sambung pucuk ini jika sambungan masih tetap hijau dan telah muncul daun muda saat itu tali pengikat dapat kita lepaskan. Yang terpenting untuk kita perhatikan adalah gunakan plastik yang agak lebar, sterilkan pisau yang akan kita pakai. Jangan terlalu cepat membuka tali plastiknya jika sambungan masih belum menyatu benar. Selamat mencoba Teknik dan Cara Memulai Budidaya Coklat.

Comments are closed.