Tips Bagaimana Cara Mengatasi Blackberry Lemot

1044 views

Bagaimana Solusi dan Trik Mengatasi BB Lambat dan Muncul Jam Pasir

Mengatasi Blackberry LemotBagi kita yang punya Blackberry dan merasa BB kita sering lemot serta muncul jam pasir, satu hal yang pasti : Jaga kapasitas Memory dengan menjaga jumlah aplikasi maupun data yang digunakan dan jumlah file yang kita simpan. Indikasi dari BB yang lambat lebih kepada seringnya muncul jam pasir atau blackberry tiba-tiba jadi tidak responsif, ini bisa disebabkan dengan semakin kecilnya kapasitas pada memory internal.

Agar bisa melihat total memory yang digunakan dari sisi device bisa dengan cara menekan tombol alt + aA+H secara bersamaan (pada beberapa device seperti 95xx bisa dengan menekan tombol back + sentuh layar kanan atas & kiri atas bergantian, untuk blackberry dengan tipe 91xx dengan menekan tombol volume atas bawah hingga muncul tombol alt di kiri atas, lalu ketik huruf “ESCR”) kemudian akan muncul menu HELP ME, scroll ke bawah hingga terlihat tulisan Free Mem & Mem Usage.

Tips perawatan blackberry yang wajib rutin dilakukan yaitu:

1. Ceklah file free memory handset Blackberry. Yakni, tekan alt + aA + H bersamaan. Pada bagian bawah akan terlihat file free dalam ukuran Bytes. Selalu dijaga jangan sampai di bawah 15 MB agar tak terasa lambat saat membuka menu ataupun pindah-pindah aplikasi.

2. Hapuslah email yang sudah kita baca, prioritas untuk penghapusan bisa dilakukan berdasarkan kebutuhan, contoh menghapus email dari 3 hari yang lalu. Untuk menghapus seluruh email adalah:
_ arahkan kursor pada tanggal atau tekan tombol “P” atau “N”
_ tekanlah tombol menu (tombol yang ada logo BlackBerry)
_ Pilih Delete Prior

3. Untuk BBM bisa: Leave atau keluar dari group yang sudah jarang atau dirasa tak diperlukan lagi. Hapus chat sebelum-sebelumnya (end chat) caranya :
_ Masuk ke BBM
_ klik salah satu chat kita dengan rekan
_ klik menu – end chat

Untuk BBG (BBM Group) terutama pada bagian gambar (picture) pastikan kalau sudah di set automatic save ke Media card (atau mungkin untuk menjaga kapastias memory SDCard pilih Never, atau tidak pernah disimpan) Caranya mengatasi blackberry lemot :
_ Masuk ke BBM Group
_ klik picture
_ klik menu option
_ pada bagian save picture pilihlah sesuai dengan keinginan

4. Lakukan Cleaning Memory secara rutin caranya yaitu:
_ Pilih Options
_ Security Options
_ Advanced Security Options, lalu pilih fitur Memory Cleaning dan pilih modus Enable untuk mengaktifkannya

5. Lakukan Cache Cleaning pada menu browser, caranya adalah:
_ Buka Browser
_ Tekan menu BlackBerry
_ Pilih Options
_ Pilih Cache Operations
_ Tekan semua 4 macam Clean Memory lalu Close

6. Clear Log. Hapuslah semua log event yang ada di blackberry. Yakni tekan tombol Alt (jangan dilepas) diikuti dengan menekan tombol LGLG. Kemudian akan muncul tampilan event log, lalu tekan menu dan pilih clear log lalu pilih delete.

Semoga cara mengatasi blackberry lemot ini bisa membantu.

Author: 
    author

    Related Post