Thursday , 24 April 2014
You are here: Home » Tips dan Trik » Tips Cara Mengatasi Stress Pikiran Berat dan Depresi

Tips Cara Mengatasi Stress Pikiran Berat dan Depresi

Cara Mudah Mengatasi Stress Pikiran Berat dan Depresi

Cara Mengatasi StressBerada dalam sebuah tekanan, baik itu pekerjaan maupun lingkungan keluarga tentu dapat mengakibatkan stres. Butuh mental baja agar mampu mengatasi masalah yang ada dalam diri sendiri. Sebab lemahnya mental kita itulah yang mengakibatkan stress. Beberapa orang pun tak dapat menyelesaikan dan mengatasi masalahnya karena sedang dalam kondisi stress. Di mana seseorang pada kondisi ini akan sulit untuk berfikir positif dalam memanadang segala hal yang dihadapinya.

Jika sudah demikian maka harus ada perubahan sikap untuk mengatasi stress. Berikut tips dan cara mengatasi stress Pikiran Berat dan Depresi

Relaks sejenak. Kita perlu merasa relaks untuk melemaskan otot syaraf, dapat dilakukan dengan yoga, berdoa, membaca kitab suci, pijat, atau terapi dengan mendengar musik yang menenangkan.

Olahraga. Olahraga secara teratur bisa menurunkan stress dan meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu juga meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

Bersikap tegas dan punya prinsip. Kadangkala stress berakibat dari sikap kita yang kurang bisa bersikap tegas dan berani mengatakan “tidak” pada pemintaan orang lain. Entah itu dengan alasan, sungkan, malu, dsb. Dan akhirnya, kita merasa terjebak dengan hal tersebut dan merasa tak berdaya, bahkan merasa seperti diperalat orang lain tanpa bisa melakukan perlawanan. Maka, bila kita merasa tidak sanggup menerima permintaan orang lain, cobalah berani mengatakan tidak, tentunya dengan bahasa dan alasan yang sopan agar tak membuat orang lain tersinggung.

Konsumsi suplemen yang mampu memerangi stress. Diantaranya vitamin C, Asam Lemak Omega 3, Lycopene, Coenzyme Q10.

Ceritakan beban kita pada orang lain. Menceritakan masalah yang kita hadapi pada orang lain yang kita percayai, seringkali mampu mengurangi beban stress kita. Bahkan, bila teman curhat kita mampu memberi solusi yang tepat, bisa-bisa rasa stress yang melanda kita akan hilang begitu saja.

Jalan-jalan/rekreasi. Jalan-jalan bersama teman atau keluarga juga bisa menjadi obat stress yang cukup ampuh. Karena pikiran kita akan terpecah dan tak melulu terfokus pada masalah yang melanda. Jadinya, beban stress yang mendera tak akan terasa buntu dan mengganjal di pikiran kita.

Menyalurkan hobi. Apabila punya hobi memancing atau berenang misalnya, segera lakukan hobi tersebut bila stress datang. Supaya bebannya tidak terasa berat.

Berhubungan intim dengan pasangan (bagi yang sudah menikah). Khusus bagi yang sudah menikah, melakukan hubungan suami istri dengan pasangan bisa menjadi obat stress yang mujarab untuk meredakan stress dan rasa amarah.

Cukupkan istirahat. Menyempatkan waktu untuk istirahat melepas penat adalah sangat penting. Karena otak kita juga butuh istirahat dari pikiran-pikaran yang membebani.

Menonton video lucu. Menyaksikan video atau tontonan yang lucu-lucu bisa membuat kita tersenyum dan tertawa yang mana itu juga meruapakan obat stress yang mujarab. Kita bisa menemukannya dengan mudah di Youtube.

Semoga cara mengatasi stress tersebut mujarab untuk kita semua.

Comments are closed.