Usaha Mandiri yang Realistis dan Menguntungkan

1689 views

usaha mandiriBanyak orang yang ingin memulai usaha mandiri namun tidak berpikir realistis. Sebuah usaha tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan pelaku usahanya. Namun terkadang ada orang yang ingin mencapai kesuksesan secara instan. Maka dari itu banyak orang yang mengeluarkan modal secara berlebihan dengan harapan kesuksesan bisa segera datang.

Namun justru cara tersebut bisa memperbesar risiko kerugian yang sangat besar bagi si pengusaha. Apabila modal usaha yang dikeluarkan besar, maka apabila terjadi masalah tentu kerugian yang akan dialami juga akan besar. Nah, kali kali ini kami akan memberikan beberapa contoh usaha yang menguntungkan, namun modalnya realistis.

Contoh Usaha Mandiri yang Hasilnya Menguntungkan

Banyak sekali jenis-jenis usaha atau bisnis sederhana yang sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh setiap orang. Namun sayang banyak orang yang masih beranggapan bahwa bisnis sederhana tidak akan memberikan keuntungan yang berarti. Nah, untuk membuktikan bahwa anggapan tersebut salah, berikut akan kami jelaskan beberapa contoh usaha sederhana namun menguntungkan.

  1. Usaha Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan khas dan banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia dari semua kalangan. Banyak sekali jenis gorengan yang biasa kita temukan, mulai dari tempe goreng, bakwan, tahu isi, ubi goreng, pisang goreng, dan sebagainya. Modal awal yang Anda butuhkan biasanya hanya berkisar antara Rp 500 ribu – Rp 1 juta rupiah saja. Omzet per hari bisa mencapai Rp 100 ribu – Rp 300 ribu, tergantung jumlah gorengan yang terjual. Terbayang kan berapa keuntungan yang bisa Anda dapat dan berapa lama Anda akan balik modal?

  1. Usaha Donat

Selain gorengan, kue donat juga menjadi salah satu makanan ringan yang banyak digemari masyarakat. Meskipun saat ini banyak produk-produk donat terkenal, namun donat yang dijual oleh pedagang di pinggir jalan rasanya juga tidak kalah enak. Anda bisa membuat banyak variasi rasa supaya bisa menarik perhatian pembeli, mulai dari rasa coklat, coklat kacang, caramel, dan sebagainya. Modal yang Anda butuhkan biasanya di bawah Rp 1 juta. Namun keuntungan dalam satu bulan juga bisa mencapai Rp 1 juta atau bahkan lebih.

  1. Usaha Pigura

Bisnis mandiri selanjutnya adalah dengan menjadi pengusaha kreatif pigura. Di mana pigura tersebut bisa Anda buat dari limbah kertas. Limbah kertas bisa Anda cari di banyak tempat, bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Nah, tugas Anda adalah menuangkan kreativitas Anda untuk membuat sebuah pigura yang unik untuk berbagai macam ukuran foto. Untuk pemasarannya mungkin Anda bisa menitipkannya di tempat-tempat strategis seperti toko buku, toko suvenir, studio foto, dan sebagainya.

  1. Membuka Warung Makan

Bagi Anda yang punya keterampilan memasak, Anda bisa membuka bisnis warung makan. Ada banyak sekali menu yang bisa Anda pilih untuk menjadi pilihan makanan di warung makan Anda. Anda bisa menjual makanan khas masyarakat setempat supaya banyak diminati. Modal yang Anda butuhkan juga tidak terlalu besar, karena dengan modal kurang dari Rp 1 juta pun Anda sudah bisa memulai usaha ini. Omzet per harinya bisa mencapai Rp 200 ribu atau bahkan lebih apabila warung makan Anda laris.

Intinya untuk memulai usaha mandiri tidaklah harus mengeluarkan modal besar terlebih dahulu. Modal Rp 1 juta-an pun kiranya sudah cukup untuk mendirikan satu usaha baru yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Selamat mencoba.

Related Post