Langkah-Langkah Memulai Usaha Ternak Ayam Potong

2542 views

usaha ternak

Memulai usaha ternak ayam potong secara umum tidaklah sulit, karena buktinya ada banyak sekali pengusaha ayam potong yang sukses di seluruh pelosok tanah air. Ayam potong atau yang juga disebut dengan ayam broiler menjadi salah satu sumber protein hewani yang sangat tinggi. Bisnis ini semakin potensial karena semakin lama permintaan daging ayam selalu meningkat.

Dengan demikian bisa dipastikan bahwa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ternak ayam potong ini cukup menjanjikan. Bahkan saat harga ayam mulai naik di bulan Ramadhan dan menjelang lebaran, daging ayam bisa dipatok dengan harga Rp 40 ribu/kg. Padahal untuk biaya produksinya hanya sekitar Rp 10 ribu – Rp 15 ribu/kg. Sangat menguntungkan, bukan?

Tips Merintis Usaha Ternak Ayam Potong

Meskipun kelihatannya sederhana, namun mungkin Anda masih bingung bagaimana seluk beluk bidang usaha yang satu ini. Pasalnya bisnis ternak ini sangat berisiko apabila tidak dikelola dengan baik dan benar. Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa langkah-langkah untuk memulai bisnis ternak yang bisa Anda coba.

  1. Membuat Kandang

Setelah Anda sudah menemukan ayam broiler untuk diternakan, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat atau mendirikan kandang. Yang harus Anda persiapkan dalam pembuatan kandang adalah izin pendirian hingga tata letak. Untuk membuat kandang ayam, yang perlu Anda perhatikan adalah arah matahari dan juga arah angin. Pasalnya kondisi ayam potong cukup rentan dengan kondisi iklim sekitar.

  1. Sumber Air dan Aliran Listrik

Selelah kandang selesai dan sudah dibuat sesuai dengan arah matahari dan arah angin, Anda juga harus memperhatikan keberadaan sumber air dan sumber listrik. Hal ini bertujuan supaya ayam-ayam ternak Anda nantinya lebih mudah dan cepat mendapatkan air untuk minum dan juga bisa diterangi lampu untuk menghangatkan suhu kandang.

  1. Memasang Peralatan

Jika kandang sudah benar-benar siap, maka Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk menyambut ayam-ayam broiler yang akan Anda ternakan. Beberapa peralatan yang perlu Anda pasang pada kandang adalah penghangat, sekat dan juga litter secukupnya. Selain itu khusus untuk anak ayam, Anda juga harus menyediakan makanan dan minuman yang berbeda dengan ayam broiler dewasa.

  1. Melakukan Vaksinasi

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah melakukan vaksinasi baik dengan cara minum ataupun tetes pada waktu-waktu tertentu. Untuk ternak ayam broiler, Anda disarankan untuk melakukan vaksinasi pada hari ke-7, ke-14 dan hari ke-21. Dan perlu Anda ingat bahwa pada 14 hari pertama, usahakan pemilik ternak jangan jauh-jauh dari kandang. Hal ini sangat terkait dengan kesuksesan bisnis ternak Anda.

  1. Melakukan Kontrol Rutin

Seperti yang sudah kami sampaikan pada poin sebelumnya, sebaiknya pada 14 hari pertama Anda tidak pergi jauh dari kandang. Sebagai peternak Anda harus melakukan kontrol secara rutin. Usahakan Anda selalu mengontrol suhu kandang baik siang ataupun malam. Selain itu Anda juga harus memeriksa secara rutin kondisi anak-anak ayam. Apabila anak-anak ayam terlihat bergelombor, hal tersebut menandakan bahwa suhu di dalam kandang terlalu rendah.

Nah, demikian lima tips sederhana yang bisa Anda coba dalam memulai usaha ternak ayam potong atau ayam broiler. Tidak mudah memang, karena untuk menjadi peternak yang sukses Anda harus belajar banyak hal. Mulai dari teori-teori tentang ternak dan juga strategi pemasaran. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Related Post